Sosialisasi Geopark Kepada Masyarakat Kecamatan Sembalun

rinjanigeopark      2016-05-06


SEMBALUN-Untuk mendukung suksesnya Geopark Rinjani menjadi Geopark Dunia, DPH Geopark Rinjani Lombok (DPH-GRL) pada hari Selasa, 22 Maret 2016 lalu telah mengadakan kegiatan kunjungan ke lapangan untuk melakukan Sosialisasi Koordinasi dan Konsolidasi Kelompok kerja di Geosite Destinasi kawasan kecamatan Sembalun bertempat di Aula Kantor Camat Sembalun. Jumlah peserta yang hadir mencapai 55 orang yang terdiri dari perwakilan kelompok masyarakat seperti Kelompok Trekking organizer, Pemandu wisata, Porter, kelompok tani, kelompok perempuan, kelompok wiraswasta dan unsur aparat desa dari enam desa se-Kecamatan Sembalun seperti Desa Sembalun lawang, Desa Sembalun Bumbung, Desa Sembalun, Desa Bilok Petung, Desa Sembalun Timba Gading dan Desa Sajang.

Sekretaris Kecamatan atas nama Pemerintah Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur dalam sambutannya mengapresiasi penuh keberadaan Geopark Rinjani sebagai upaya perlindungan sumberdaya alam dan budaya yang berbasiskan peningkatan kesejahteraan penduduk setempat melalui kegiatan pengembangan kawasan serta pemberdayaan masyarakat. Setelah acara dibuka secara resmi oleh Sekretaris Camat Sembalun, acara kemudian dilanjutkan oleh presentasi tentang geopark oleh ketua DPH Geopark Rinjani Lombok pak Misbahib Haraha yang didampingi oleh para Ketua Divisi.

Maksud diadakannnya acara sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman stakeholder dan masyarakat di kecamatan Sembalun tentang pengertian geopark dan program kerja apa saja yang akan dikembangkan untuk wilayah Geosite Sembalun Lombok Timur sebagai Geosite prioritas GRL. Selain itu tujuan lainnya adalah untuk melakukan koordinasi dengan Pelaku Pengelolaan Site GRL, baik dari unsur Pemerintah kecamatan dan Pemerintah desa, maupun lembaga dan kelompok masyarakat setempat.  

Diakhir acara dilakukan pembentukan kelompok kerja (Pokja) yang struktur pengurusnya berasal dari perwakilan unsur-unsur yang ada di Kecamatan Sembalun. Kelompok Kerja yang dibentuk strutkturnya terdiri dari : Royal Sembahulun (Ketua), Armasih (Wakil Ketua), Amir Riis (Sekretaris), Abdul Razak (Wakil Sekretaris), Rahman Akbar Sembahulun (Bendahara), Dwi Ariska (Wakil Bendahara). Pengurus Pokja dilengkapi struktur empat bagian yang mencakupi masing-masing empat bidang, serta tujuh unit kerja. Sedangkan unsur Pemcam dan pemdes serta Toma ditempatkan sebagai Pelindung pembina Penasehat. (Ramli/DPRTM)

Share to:

Twitter Facebook Google+ Stumbleupon LinkedIn
rinjanigeopark.com © 2016
Jalan Langko No. 70, Mataram, Indonesia
Phone. +62370-634800