BNI dan Geopark Rinjani-Lombok SERIUS Tangani Geohomestay di Sembalun

rinjanigeopark      2017-11-08


BNI kembali bekerjasama dengan Geopark Rinjani-Lombok untuk mengadakan pelatihan pengembangan geohomestay di Desa Geowisata Sembalun pada tanggal 29 – 30 Oktober 2017. Sembalun dipilih sendiri oleh BNI sebagai lokasi dan fokus pelatihan karena pihak BNI hendak menjalankan mandat menteri BUMN yang telah jatuh hati dengan keindahan dan potensi Sembalun sehingga beliau mengarahkan BUMN untuk dapat membantu mengembangkan Sembalun. Sebelumnya, BNI telah membantu Geopark Rinjani-Lombok dalam mengembangkan 4 produk pariwisata atau lebih dikenal dengan nama geoproduk. Adapun geoproduk yang telah dikembangkan adalah geohomestay, geosouvenir, geokuliner dan geotour. Geoproduk dari Geopark Rinjani-Lombok ini tersebar di seluruh wilayah deliniasi Geopark (4 Kabupaten dan 1 kota). Namun pada kesempatan kali ini BNI hanya memfokuskan pada geoproduk geohomestay mengingat keberadaan Sembalun sebagai pintu gerbang pendakian serta mulai diminatinya area Sembalun untuk wisata oleh non pendaki.

Lokasi pelatihan berada di Pondok dan Warung Pesona Rinjani. Dan sebagai pilot project, BNI mengambil Desa Sembalun dengan 19 peserta pelatihan. Pelatihan ini terdiri dari 2 hari, hari pertama yang lebih banyak ke materi/ wawasan baru sedangkan hari ke dua lebih kepada praktik housekeeping serta diskusi dan penyepakatan-penyepakatan standar-standar homestay.

Di hari pertama, peserta pelatihan dibekali dengan materi pengenalan produk-produk BNI untuk pengembangan geohomestay Sembalun yang diberikan oleh Bapak Amiruddin (BNI); Potensi Geologi Lembah Sembalun untuk Pengembangan Produk Pariwisata Sembalun oleh Meliawati (DPH Geopark Rinjani-Lombok), Potensi Geowisata Sembalun oleh L. Budi Karyawan (DPH Geopark Rinjani-Lombok) dan Pengembangan Homestay oleh Ruwaida Fajriasanti (Poltekpar Lombok). Pada sesi ini, para peserta dibekali dan kenalkan oleh berbagai wawasan baru mulai dari dukungan BNI, potens geologi dan potensi geowisatanya serta pengembangan produk (homestay) untuk mendukung pemanfaatan potensi tersebut.

Adapun hal-hal yang digarisbawahi adalah, alam indah Sembalun merupakan sebuah sisa kaldera gunungapi purba sebelum Rinjani lahir. Sisa kaldera ini kini menjelma menjadi lahan subur yang memberi banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Sembalun memiliki cerita geologi yang berbeda dengan belahan bumi lain di Pulau Lombok, sehingga potensi ini dapat dimanfaatkan sebagai eduwisata dalam bentuk geowisata (wisata berbasis geologi). Sedangkan homestay sendiri adalah salah satu cara yang paling sederhana agar banyak masyarakat dapat turut merasakan indahnya pariwisata dari sisi ekonomi. Pelatihan ini memberi banyak gambaran kepada peserta tentang konsep riil dari homestay. Homestay adalah rumah tinggal warga yang ditingkatkan fungsinya sehingga dapat disewakan kepada wisatawan. Homestay memiliki keunggulan dari sisi pelayanan dan keramah-tamahan pemilik rumah kepada tamu. Tamu yang tinggal serumah dengan pemilik homestay akan mendapat pengalaman baru bagaimana rasanya menjadi penduduk Sembalun (konsep live in). Sedangkan geohomestay adalah homestay yang bernuansa geologi/ geopark Rinjani-Lombok, sehingga produk ini tentu akan berbeda dengan produk-produk homestay lainnya. Bahkan produk Geohomestay belum dikembangkan di geopark mana pun di Indonesia.

Di hari ke dua, peserta diajak berlatih untuk menyambut dan memelihara ruangan/ homestay oleh Iswadi dan AA Ngurah Sedana Putra dari Poltekpar Lombok. Peserta pelatihan benar-benar antusias dalam mempelajari teknik-teknik dan ilmu-ilmu baru yang didapat dari pelatihan ini. Pada penghujung kegiatan, terdapat penyepakatan-penyepakatan antara sesama peserta pelatihan yang berantusias untuk mengembangkan geohomestay di rumah masing-masing. Standar yang dibuat cukup tinggi bagi peserta pelatihan sendiri misalnya saja seperti toilet duduk, namun mereka sangat optimis dapat menjadi geohomestay yang memenuhi standar secara perlahan-lahan. Adapun hal yang paling ditajamkan kepada dan oleh peserta adalah tentang kebersihan dan kenyamanan tamu karena kekurangan hal-hal fisik dapat tertutupi oleh kebersihan, kenyamanan serta kehangatan keluarga yang didapat oleh tamu ketika menginap di Geohomestay Geopark Rinjani-Lombok. (Meihva/DPH)

Share to:

Twitter Facebook Google+ Stumbleupon LinkedIn
rinjanigeopark.com © 2016
Jalan Langko No. 70, Mataram, Indonesia
Phone. +62370-634800