Geopark Rinjani-Lombok Merapatkan Barisan dengan Komunitas-komunitas di Pemenang Timur, Kab Lombok Utara

rinjanigeopark      2017-11-28


Tepatnya pada Sabtu 18 November 2017 lalu, Dewan Pelaksana Harian Geopark Rinjani-Lombok dan Bappeda Provinsi NTB menyambangi Balai Desa Pemenang Timur untuk bertemu komunitas-komunitas dan pemerintah desa Pemenang Timur. Acara ini dihadiri oleh berbagai komunitas mulai dari komunitas yang bergerak dibidang edukasi seperti pasir putih, kelompok-kelompok pengrajin ketak, minyak VCO, kuliner, masyarakat umum serta pemerintah desa bahkan kelompok kerja yang berasal dari Santong.

Pertemuan ini merupakan ajang silaturahmi antara geopark dengan masyarakat Pemenang umumnya yang mana wilayahnya adalah bagian dari wilayah geopark. Dalam pertemuan silaturahmi ini, geopark dan bappeda tak lupa menyampaikan beberapa pemaparan sekaligus sosialisasi konsep Geopark, keanekaragaman geologi Pemenang yang sejatinya berada pada geotrek jejak gunungapi purba di pesisir barat Lombok, peran pemerintah, pemanfaatan geoheritage yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi masyarakat serta peran masyarakat yang merupakan kunci sukses sebuah konsep geopark.

Walaupun cukup singkat, namun ajang silaturahmi sekaligus sosialisasi ini disambut dan ditanggapi baik oleh masyarakat. Malah, kelompok masyarakat meminta agar pertemuan dengan geopark tidak hanya sampai disini tetapi berlanjut hingga dapat menyentuh banyak lapisan masyarakat dan dapat memahamkan geopark secara lebih luas. Geopark Rinjani-Lombok sendiri menyambut bahagia undangan/ tantangan dari masyarakat ini, kiranya dalam waktu dekat sekitar awal Bulan Desember, DPH Geopark Rinjani-Lombok akan kembali bertandang ke Pemenang dalam rangka penggalian informasi lebih detil secara geologi, budaya dan potensi-potensi masyarakat yang belum terkuak. Kemudian hasil dari penggalian informasi ini akan disampaikan kembali kepada masyarakat lain yang belum sempat hadir pada Sabtu lalu. Bahkan komunitas pasir putih bersedia menjadi tuan rumah dalam acara lanjutan dalam rangka edukasi kepada kelompok-kelompok seperti petani, petani sayur, dll.(MEL-DPH/GRL)

Share to:

Twitter Facebook Google+ Stumbleupon LinkedIn
rinjanigeopark.com © 2016
Jalan Langko No. 70, Mataram, Indonesia
Phone. +62370-634800