Pentingnya Roadmap Geopark Indonesia Bagi Perkembangan Geopark di Daerah

rinjanigeopark      2018-02-17


Kemenko Kemaritiman kembali memfasilitasi geopark seluruh Indonesia untuk berdiskusi dalam rangka menyusun roadmap Geopark Indonesia yang dapat diacu oleh seluruh geopark dan calon-calon geopark di Indonesia. Tepatnya tanggal 8 Februari lalu, tim Geopark RInjani-Lombok yang diwakili oleh Lalu Budi Karyawan bersama Amanda Fauziah dari Geopark Nasional Tambora menghadiri acara penting bagi kemajuan geopark Indonesia tersebut di Badan Geologi, Bandung. Acara ini dihadiri oleh hampir seluruh geopark di Indonesia dan beberapa kementerian terkait geopark.

Adapun beberapa hal yang diperoleh dari pertemuan sehari penuh tersebut adalah sebagai berikut :

1. Capaian utama Indonesia dalam mengembangkan geopark yaitu 1) Rancangan Permenko Maritim tentang Komite Nasional Geopark Indonesia, 2) Rancangan Perpres pengembangan Geopark Indonesia, 3) Fasilitasi Geopark Nasional Gunung Rinjani menjadi UGG, 4) Fasilitasi Geopark Nasional Ciletuh Pelabuhan Ratu menjadi UGG, 5) Fasilitasi penetapan 5 Geopark Nasional, 6) Fasilitasi Geopark Nasional Kaldera Toba menjadi UGG.

2. Poin penting ke depan untuk pengembangan Geopark adalah regulasi, penguatan kapasitas pengelolaan terhadap geopark nasional dan UGG serta mendorong peningkatan status aspiring geopark menjadi geopark nasional; meningkatkan koordinasi dan sosialisasi pengelolaan Geopark Indonesia serta Penyiapan Geopark Rinjani-Lombok sebagai HOST Simposium APGN tahun 2019. Untuk poin terakhir, pemerintah pusat dan daerah harus bersiap lebih awal karena tahun 2018 dan 2019 merupakan tahun politik.

3. Dalam perkembangannya, geopark di Indonesia memiliki permasalahan-permasalahan masing-masing. Namun secara umum permasalahan pariwisata/ destinasi wisata di Geopark Indonesia masih berkisar seperti pada kelembagaan dan amenitas. Untuk itu diperlukan suatu panduan yang dapat diacu oleh seluruh geopark di Indonesia sehingga kualitas geopark menjadi standar. Salah satu panduan geopark yang dapat dibuat dan diikuti dalam waktu dekat adalah Roadmap Geopark Indonesia.

4. Road map Geopark Indonesia nantinya akan berisikan pemetaan tugas yang akan dilakukan, perencanaan dan keputusan. Rencana Aksi penyusunan road map yang dilakukan pada Minggu ke-1 Feb 2018 adalah berupa identifikasi di masing-masing geopark (Identifikasi kondisi umum, identifikasi kebutuhan pemangku kepentingan, inventarisasi permasalahan), Selanjutnya Minggu ke 2 Feb 2018 dilanjutkan dengan Penetapan quick wins, fokus perubahan dan penetapan tujuan dan sasaran, penetapan kegiatan; dan di Minggu ke 3 Feb 2018 ditargetkan Penyusunan Rencana Aksi dan Dokumen Road Map telah selesai.

 

^Manda-Meiva^

Share to:

Twitter Facebook Google+ Stumbleupon LinkedIn
rinjanigeopark.com © 2016
Jalan Langko No. 70, Mataram, Indonesia
Phone. +62370-634800