Sosialisasi Geopark Rinjani dan Tambora dalam Forum Anggota Wanapala NTB

rinjanigeopark      2018-02-19


Sejak 2 hari yang lalu, Wahana Pecinta Alam Nusa Tenggara Barat yang merupakan perkumpulan organisasi pecinta alam se-Nusa Tenggara Barat atau akrab disebut Wanapala NTB mengadakan forum anggota (6 bulanan) di salah satu situs geopark yakni Kebun Raya Lombok. Acara yang dihadiri oleh kelompok-kelompok pecinta alam baik siswa/ pelajar dan mahasiswa dari seluruh kabupaten/kota di Pulau Lombok dan juga ada beberapa kelompok yang berasal dari Sumbawa, Bima dan Dompu. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas sumberdaya anggota pecinta alam melalui latihan bersama, diskusi masalah lingkungan, pembahasan kurikulum pendidikan dasar, mempererat hubungan persaudaraan sesama pecinta alam dan sosialisasi Geopark Rinjani dan Tambora.
Sosialisasi Geopark menjadi agenda khusus dalam Forum anggota (Fora) pada tanggal 18 Februari 2018. Materi geopark disampaikan langsung oleh Dewan Pelaksana Geopark Rinjani dan Geopark Tambora. Adapun materi Geopark Rinjani disampaikan oleh Lalu Ramli selaku Manajer Promosi dan Pemasaran dan Meliawati Ang selaku Manajer Konservasi, sedangkan materi Geopark Tambora diwakili oleh Alpiana selaku manajer Geodiversity. Rangkaian sosialisasi ini dibuka dengan sambutan ketua umum Wanapala NTB (Sdr. Abdur Rahman) dan dilanjutkan oleh pembukaan mengenai gambaran umum konsep geopark oleh Lalu Ramli. Selanjutnya,  materi geopark secara lebih spesifik tentang geoheritage dan geokonservasi di Geopark Rinjani-Lombok dan dilanjutkan dengan Geopark Tambora oleh 2 rekan lainnya. Para peserta terlihat antusias mengikuti acara ini karena geopark merupakan hal yang baru dan cukup menarik. Hal ini juga terlihat dari diskusi dan tanya jawab yang terjalin pasca penyampaian materi dengan pecinta alam se-NTB tersebut.
Geopark merupakan suatu anugerah yang diberikan kepada dunia melalui UNESCO untuk pengakuan keunikan nilai geologi suatu kawasan dan juga kepada masyarkat yang ada di dalam kawasan yang telah berusaha melakukan upaya-upaya perlindungan terhadap warisan alam. Pecinta alam sendiri merupakan orang-orang yang tergerak hatinya untuk turut serta dalam upaya pelestarian lingkungan sehingga sangat patut digandeng oleh geopark karena memiliki tujuan yang sama. Sehingga acara-acara sosialisasi geopark kepada Kelompok-kelompok pecinta alam akan terus ditingkatkan . Adapun acara-acara serupa yang pernah dilaksanakan untuk kelompok pecinta alam selain kemarin pada Fora Wanapala NTB adalah sosialisasi di Seasepala (SMKN 1 Mataram) dan Mapala FKIP Unram pada akhir tahun 2017 lalu. Semoga Geopark Rinjani-Lombok maupun Geopark Tambora dapat menjalin hubungan yang lebih erat dengan kelompo-kelompok pecinta alam di NTB karena anggota-anggota pecinta alam di NTB berpeluang besar menjadi agen-agen perubahan terkait perlindungan, edukasi dan kesejahteraan masyarakat melalui geopark.

^Meiva^

Share to:

Twitter Facebook Google+ Stumbleupon LinkedIn
rinjanigeopark.com © 2016
Jalan Langko No. 70, Mataram, Indonesia
Phone. +62370-634800