Mental Healing Bertema Aplikasi Geosista Berbasis Geopark Untuk Ibu dan Anak

rinjanigeopark      2018-09-04


Pasca gempa yang melanda Pulau Lombok yang terjadi selama kurun waktu juli-agustus 2018 dirasakan oleh hampir seluruh masyarakat Lombok. Hal yang paling kuat dirasakan selain korban jiwa, material, bangunan juga psikologis masyarakat berupa rasa trauma yang sangat besar dirasakan. Penanganan gempa selain dilakukan dari sisi fisik juga dibutuhkan penanganan psikologi baik bagi anak-anak maupun orang dewasa.
Kegiatan Trauma Healing menjadi kegiatan yang mulai banyak dilakukan di beberapa lokasi pengungsian untuk membantu dan mengurangi beban psikologis yang dirasakan pasca gempa. Pada hari minggu 2 september 2018 di kawasan Lingkungan perumahan Pagutan (fatahila resort) Kota Mataram dilakukan acara trauma healing yang dilakukan oleh tim pengabdian Universitas Mataram dan Geopark Rinjani Lombok. Tema kegiatan adalah "Mental Healing bertema sains untuk  anak anak (Geoscience dan Geowisata berbasis Geopark)". Agenda acaranya adalah Tepuk, gerak dan lagu, Permainan sains untuk anak, Sains untuk ibu, Evacuation drills, Mental healing bersama hypnoterapist, Doorprize dan game.
Antusiasme warga baik warga komplek perumahan juga warga sekitar yang ikut dalam acara tersebut sangat semangat sehingga menambah pemahaman dan kesiapan baik mental dan teknis jika ada bencana-bencana lanjutan.
"Alhamdulillah acara berjalan baik, tidak kurang dari 90 peserta ibu dan anak yang hadir, terima kasih untuk semua donatur,tim panitia, relawan2,serta ibu-ibu yang telah membantu sukses terlaksananya acara sehingga anak2 banyak memiliki motivasi positif pasca acara. Agenda ini juga akan terus dilakukan di lokasi-lokasi lain selanjutnya" demikian ungkap Khusnul Khotimah,  M. Pd.  Dosen Universitas Mataram sebagai salah satu panitia acara. (MH-DP RLUGGp).

Share to:

Twitter Facebook Google+ Stumbleupon LinkedIn
rinjanigeopark.com © 2016
Jalan Langko No. 70, Mataram, Indonesia
Phone. +62370-634800